Yayasan Kesehatan Perempuan (YKP) adalah lembaga sosial/nirlaba yang didirikan pada tanggal 19 Juni 2001 di Jakarta oleh para aktivis yang peduli terhadap kondisi kesehatan reproduksi perempuan di Indonesia dengan cara merespon langsung berbagai isu sekitar kesehatan reproduksi dan hak-hak seksualitas perempuan yang saat ini dianggap kontroversial.

Dalam perjalanannya selanjutnya, YKP menjalankan strategi yang sistematis difokuskan pada pemenuhan hak-hak kesehatan reproduksi dan seksualitas perempuan yang masih terabaikan.

Visi

Menjadi organisasi yang mempelopori “Terwujudnya suatu kondisi masyarakat Indonesia dimana setiap perempuan terpenuhi hak-hak kesehatannya khususnya hak-hak reproduksi dan seksualitas tanpa diskriminasi perlakuan yang buruk dan tekanan, serta kekerasan dari pihak manapun sehingga terbebas dari kesakitan dan kematian”

Misi

  • Mengupayakan terjaminnya perlindungan hukum bagiperempuan untuk menikmati hak seksualitas dan reproduksinya sebagai bagian dari hak asasi manusia.
  • Mengupayakan terselenggaranya pelayanan kesehatanreproduksi yang bermutu dan terjangkau bagi perempuan tanpa diskriminasi.
  • Meningkatkan pemahaman hak-hak reproduksi dan persamaan derajat perempuan dan laki-laki secara aktif sehingga mampu memenuhi kesehatan reproduksinya.
  • Mendorong berbagai pihak yang bertanggungjawab untuk menurunkan Angka Kematian Ibu.