Untuk memperoleh publikasi ini bisa menghubungi kami lewat email: office@ykp.or.id atau form kontak kami.

BUKU / MODUL

Profil Indonesia: Akses Universal untuk Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas  

Profil negeara ini dikembangkan oleh Yayasan Kesehatan Perempuan. Profil ini adalah salah satu dari 15 profil negara terkait akses universal akan hak-hak seksual dan reproduksi.
Profil Indonesia: Akses Universal Pelayanan Kesehatan Seksual dan Reproduksi  

Profil negeara ini dikembangkan oleh Yayasan Kesehatan Perempuan. Profil ini adalah salah satu dari 15 profil negara terkait akses universal akan hak-hak seksual dan reproduksi.
Membangun Opini Publik & Menggalang Dukungan:
Panduan Pendidikan Advokasi: Kampanye Pencegahan
Kekerasan Terhadap Perempuan-Anak Dan Perkawinan Anak

Penulis: Dony Hendrocahyono dan Toto Rahardjo
Buku ini memang dirancang berdasarkan pengalaman dalam rangka
membantu para fasilitator maupun pelaku penyelenggaraan proses belajar
bersama masyarakat. Seyogyanya buku ini tidak harus dibaca dari awal sampai akhir, Anda bisa memulai dari lembar mana saja, sebab rancangan buku ini memang dimaksudkan hanya berperan sebagai alat bantu proses, mendorong sesuatu yang nyata, karena memang bukan kitab suci yang tidak diperkenankan untuk dirubah-rubah. Di sisi lain buku ini juga dimaksudkan untuk digunakan sebagai panduan dalam rangka penyelenggaraan proses belajar terutama pada model-model partisipatif dengan dibantu melalui: pemikiran dan konsep yang detail sesungguhnya buku ini dikhususkan untuk para fasilitator pendidikan rakyat, betapapun tidak menutup kemungkinan bahwa buku ini juga bisa dinikmati sebagaimana buku bacaan lainnya oleh siapa saja.
Modul Informasi Kesehatan Reproduksi sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan terhadap Perempuan  

Modul ini disiapkan untuk fasilitator lapangan untuk memberi informasi seputar kesehatan reproduksi pada kelompok dampingan di lapangan. Materi dalam modul ini diurai secara lengkap termasuk seksualitas, gender, kekerasan terhadap perempuan hingga perkawinan anak.
Modul Lebih Baik Mencegah Daripada Memulihkan  

Modul ini disiapkan untuk pendidikan advokasi untuk memantau layanan dan peningkatan kualitas kebijakan publik tentang hak perempuan dan anak
Modul Mengapus Kekerasan & Menghukum Kejahatan  

Modul pendidikan advokasi agar bisa bekerja bersama saksi dan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak dalam sistem peradilan pidana.
Buku Layanan Kesehatan Reproduksi Dalam Skema Jaminan Kesehatan Nasional: Laporan Survey 2015-2017  

Buku ini merupakan laporan hasil survey yang dilakukan oleh Yayasan Kesehatan Perempuan (YKP) untuk mengetahui secara lebih mendalam tentang pengetahuan masyarakat mengenai pemanfaatan layanan kesehatan reproduksi perempuan yang dicakup oleh BPJS. Selain itu juga untuk mengenali hambatan yang dihadapi oleh masyarakat maupun petugas kesehatan dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan reproduksi perempuan dalam skema BPJS. ( baca buku )
Buku Kerja Asuhan Pasca Keguguran: Panduan Bagi Kelompok Komunitas
 
Buku kerja ini berisi informasi tentang kesehatan reproduksi khususnya tentang merencanakan kehamilan, pencegahan kehamilan tidak direncanakan dan juga asuhan pasca keguguran, dimana di dalamnya terkait erat dengan gender, seksualitas, aborsi aman dan informasi pelengkap lainnya.
Buku Panduan Pendamping Kelompok: Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR)

Buku ini disusun bertujuan untuk mambantu pendidik, pendamping atau pemberi informasi di masyarakat dalam menyampaikan materi yang valid dengan baik dan benar, khususnya tentang kesehatan reproduksi secara keseluruhan.
Jurnal Kisah Kami: Memperdayakan Kelompok Rentan akan Kesehatan dan Hak Seksual dan Reproduksi.

Buku ini merupakan kompilasi dari lima cerita penyintas kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan (KtPAP) dari berbagai wilayah dan latar belakang. Kelima cerita yang dikumpulkan oleh YKP dan KITASAMA ini ditulis oleh para penyintas secara langsung dan/atau difasilitasi oleh organisasi-organisasi jejaring yang mendampingi para penyintas.
( Baca Buku )
Buku Saku Bagi Hakim: Penerapan Asas Kepentingan Terbaik Bagi Anak Dalam Permohonan Dispensasi Kawin

Sesuai dengan namanya buku saku, buku ini menjadi sangat praktis dan mudah dipahami yang tentu saja sangat membantu siapa saja yang berkepentingan dengan dispensasi kawin dan pencegahan perkawinan anak, khususnya bagi Hakim Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah. Informasi yang disajikan dalam buku ini memang dimaksudkan dapat menambah wacana dan wawasan bagi kalangan intelektual dan praktisi, terutama bagi pemerhati perlindungan terhadap anak dan perempuan. ( baca buku )

Dapatkan link unduh softcopy buku saku
Menciptakan Ruang Aksi Mendobrak Kebekuan Budaya: Menyelamatkan Anak-anak Dari Kekerasan Seksual

Buku ini disusun berdasarkan pengalaman para champion (remaja, perempuan dan laki-laki) di akar rumput, dimana keterlibatan mereka 􀆟dak hanya pada penguatan kapasitas tetapi juga partisipasi yang bermakna hingga perubahan perilaku. Dimana champion pada awalnya tidak percaya diri mengusung isu KTPAP & PA hingga munculnya kesadaran dan keinginan di dirinya untuk melakukan perubahan yang akhirnya mampu mempengaruhi pihak berwenang seperti pemerintah untuk dapat saling bahu membahu mencegah KTPAP & PA di wilayahnya. Harapan kami buku ini dapat menginspirasi dan dinikmati siapa saja agar mau bergerak mendukung penghapusan KTPAP & PA di Indonesia. (baca buku)

LEMBAR INFORMASI

Persepsi dan Aspirasi Remaja Perempuan tentang Perkawinan Anak

Berisi hasil dari penelitian yang mengangkat persepsi perempuan muda untuk dapat menyampaikan suara dan pendapat anak tentang perkawinan. Dimana perkawinan sering dibungkus sebagai sebuah solusi bagi remaja perempuan dari kemiskinan, menjaga kehormatan dan ketaatan kepada orang tua yang semakin menunjukan keberadaan anak perempuan tidak tampak dan tidak terdengar.


Hasil Evaluasi Program “Menciptakan Ruang Aksi Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan & Perkawinan Anak” di Kabupaten Blitar, Bojonegoro dan Ponorogo.

Evaluasi ini melibatkan seluruh pemangku kepentingan kunci mulai sejak pengembangan rancangan evaluasi. Semua temuan penting dikomunikasikan langsung agar dapat menjadi masukan berharga dalam merancang program selanjutnya, khususnya dalam memperkuat tim kabupaten untuk menjaga momentum gerakan penciptaan ruang aksi untuk penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan.


Catatan Pengambilan Data DISPENSASI KAWIN di 3 Kabupaten (Ponorogo, Bojonegoro, Blitar) Tahun 2020.

Informasi ini berisi catatan penting yang di dapat dari penelusuran kegiatan pengambilan data dispensasi kawin di Kabupaten Ponorogo, Bojonegoro dan Blitar yang dilakukan oleh mitra lapangan Yayasan Kesehatan Perempuan. Catatan yang didapat dirasa perlu diinformasikan kepada masyarakat khussunya pemerhati perkawinan anak sebagai acuan kegiatan advokasi pencegahan perkawinan anak khususnya masalah pengajuan dispensasi kawin di daerah.


Kumpulan Tulisan Pelatihan Kampanye Membangun Opini Publik Membangun Dukungan Tahun 2020.

Pada bulan Juni 2020, Yayasan Kesehatan Perempuan bekerjasama dengan OXFAM Indonesia melalui proyek Menciptakan Ruang (Creating Spaces) melaksanakan Pelatihan Membangun Opini Publik Menggalang Dukungan bagi kelompok dampingan YKP dari Kab. Blitar, Kab. Bojonegoro dan Kab. Ponorogo. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penguatan kapasitas peserta dalam menyusun materi kampanye sebagai alat advokasi dalam pencegahan KTPAP dan PA di wilayahnya masing-masing. Dalam media ini terdapa beberapa tulisan hail karya dari pelatihan yang menarik untuk dibaca dan harapannya dapat menginspirasi banyak orang. (baca media)


Mekanisme Pelaporan dan Akses Layanan Bagi Korban Kekerasan Seksual.

Lembar info ini merupakan catatan penting dari hasil webinar Setara 2030 dengan judul “Bagaimana Mekanisme Pelaporan dan Akses Layanan bagi Korban Kekerasan Seksual?”, yang dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2022 Hasil kerjasama YKP, Infid dan Koalisi Perempuan Indonesia.


Untuk memperoleh publikasi ini bisa menghubungi kami lewat email: office@ykp.or.id atau form kontak kami.