Blog

Pertemuan Ilmiah Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi 2021

Konsorsium “A Champion of Indonesia Family Planning and Reproductive Health” terdiri dari beberapa institusi non-pemerintah pada bulan Oktober 2019 menyelenggarakan konferensi Internasional Pertama Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi di Indonesia (ICIFPRH). Pertemun tesebut diikuti oleh sekitar 800 peserta dari 17 negara. Panitia menerima tidak kurang dari 400 abstrak yang kemudian dipilih oleh komite ilmiah untuk ditampilkan sebagai pembicara oral dan poster.

Suksesnya penyelenggaraan ICIFPRH tahun 2019 yang ditunjukkan dengan banyaknya abstrak yang masuk serta peserta yang mengikuti konferensi membuktikan bahwa banyak sekali pihak yang masih perduli dan bekerja untuk kemajuan program Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB-KR) di Indonesia. Pihak-pihak tersebut baik perorangan, organisasi internasional, organisasi profesi, lembaga penelitian universitas dan juga LSOM. Penyelenggaraan ICIFPRH memberikan kesempatan kepada mereka untuk saling berdiskusi dan memaparkan hasil kerja selama ini. Konsorsium merencanakan konferensi serupa setiap dua tahun dengan tema yang berbeda. Namun Pandemi Covid-19 yang terjadi secara global sejak Maret 2020 dan masih berlangsung sampai saat ini memaksa adanya penyesuaian bentuk pertemuan pada tahun ini.

Pusat Kesehatan Reproduksi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, UGM bersama dengan Rutgers WPF Indonesia dan di dukung oleh Konsorsium menginisiasi konferensi ilmiah nasional Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi dengan tema “Memperkuat Kebijakan dan Strategi Implementasi Program KB-KR Berdasarkan Data dan Kajian Ilmiah”. Bahasan dan diskusi akan di fokuskan pada hasil studi/kajian ilmiah, kegiatan monitoring dan evaluasi program, serta model implementasi lapangan yang pernah dilakukan oleh para mitra di bidang KB-KR dan bagaimana implikasinya pada kebijakan KB-KR di Indonesia saat ini dan kedepan.

Berbeda dengan pertemuan pada tahun 2019, pada konferensi ilmiah ini akan berlangsung seluruhnya secara daring (online). Panitia akan mengundang lembaga/organisasi baik anggota konsorsium maupun mitra lainnya untuk berpartisipasi sebagai pembicara dan menyampaikan kajian ilmiah yang mereka miliki. Peserta akan bersifat terbuka namun pada sesi-sesi tertentu peserta akan bersifat terbatas. Pertemuan ini juga akan dilakukan bersamaan dengan pameran, worskhop/pelatihan maupun sesi-sesi khusus (satelite).

Yayasan Kesehatan Perempuan (YKP) merupakan salah satu penyelenggara dari kegiatan yang berlangsung pada tanggal 28 – 30 Juni 2021. YKP juga menjadi nara sumber di beberapa sessi seperti plenary dan satelite, dimana presentasi dari YKP bisa anda simak di sini.

Mencegah Perkawinan Anak di Indonesia: Menyelamatkan Masa Depan Bangsa
Presentasi dari Ibu Zumrotin K.S. dari yayasan Kesehatan Perempuan [...]
Skema JKN dlm Kaitannya dgn Kebutuhan Perempuan dan Pelayanan Kespro dan Seksual
Presentasi dari Ibu Herna Lestari. dari Yayasan Kesehatan Perempuan [...]
Pembelajaran Kerja Berjejaring Jaringan Perempuan Peduli Kesehatan (JP2K)
Presentasi dari Ibu Nanda Dwinta Sari. dari Yayasan Kesehatan [...]
Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan & Orang Muda, Serta Pendidikan HKSR
Presentasi dari Ibu Ninuk Widyantoro. dari Yayasan Kesehatan Perempuan [...]