Blog

NGULI KONCO atau “Nguber Ilmu Bareng Konco” di SMPN 4 Ponorogo

NGULI KONCO atau “Nguber Ilmu Bareng Konco” merupakan kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh anak muda dari Paguyuban Anak Ponorogo dan alumni peserta Kampanye Digital 19/21/… yang merupakan dampingan dari Yayasan Kesehatan Perempuan. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada anak muda bahwa semua memiliki peran penting dalam setiap pengambilan keputusan untuk masa depannya dalam upaya pencegahan kekerasan dan perkawinan anak.

Sosialisasi ini diikuti oleh 30 peserta yang dilaksanakan di SMPN 4 Ponorogo pada hari Minggu, 3 Oktober 2021 yang disambut baik oleh bapak Basuki, S.Pd, M.Pd Kepala Sekolah SMPN 4 Ponorogo, Guru Bimbingan Konseling serta Pembina OSIS. Ibu Dra. Budi Lestari Mukti, MM Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Sosial, P3A Kabupaten Ponorogo juga menghadiri kegiatan dan memberikan banyak motivasi kepada anak muda.

Sosialisasi berjalan dengan baik dan antusiasme peserta terlihat dengan hadir tepat waktu, mematuhi protokol kesehatan dan kontrak belajar, partisipatif juga aktif bertanya. Peserta juga mengatakan sangat senang mengikuti kegiatan ini, sebelumnya saya belum pernah mendapatkan informasi terkait perkawinan anak, Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) dan lebih mengetahui cara untuk menjaga Kesehatan reproduksi.

Dengan dilaksanakannya acara ini diharapkan anak muda bisa menyebarkan infomasi mengenai kesehatan reproduksi, pencegahan kekerasan dan perkawinan anak untuk diri sendiri kepada teman di lingkungannya dan mengajak aktif berpatisipasi melakukan pencegahan perkawinan anak.